Aki Mobil Listrik Soak? Bisakah Di-jumper? Ini Penjelasannya!

Berita Trending Harian – Mobilitas masyarakat di era modern semakin dimudahkan dengan kehadiran mobil listrik. Kendaraan ramah lingkungan ini menawarkan berbagai keunggulan, seperti efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah. Namun, layaknya kendaraan lain, mobil listrik pun tidak luput dari potensi masalah. Salah satu yang sering terjadi adalah aki soak. Aki pada mobil listrik memiliki fungsi yang berbeda dengan aki pada mobil konvensional. Aki mobil listrik berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menjalankan berbagai komponen elektronik, seperti motor listrik, sistem pencahayaan, dan sistem hiburan.



Jika aki mobil listrik soak, maka mobil tidak akan dapat dihidupkan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti

Pemakaian yang berlebihan: Penggunaan mobil listrik yang berlebihan, terutama pada cuaca ekstrim, dapat mempercepat proses penyusutan aki.
Usia aki: Seiring waktu, aki mobil listrik akan mengalami penurunan performa dan eventually soak.
Kerusakan pada sistem kelistrikan: Kerusakan pada sistem kelistrikan mobil listrik dapat menyebabkan aki soak.

Bisakah Aki Mobil Listrik Di-jumper?

Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan aki untuk starter engine, mobil listrik tidak memiliki starter engine. Oleh karena itu, teknik jumper yang biasa digunakan pada mobil konvensional tidak dapat diterapkan pada mobil listrik. Jumper pada mobil konvensional bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik dari aki mobil lain ke aki mobil yang soak. Arus listrik ini membantu aki soak untuk mendapatkan daya yang cukup untuk menghidupkan starter engine. Pada mobil listrik, jumper tidak dapat membantu menghidupkan motor listrik. Alih-alih, jumper pada mobil listrik hanya dapat digunakan untuk mengisi daya aki bantu (auxiliary battery). Aki bantu ini umumnya berkapasitas kecil dan berfungsi untuk menyuplai daya ke beberapa komponen elektronik, seperti lampu dan sistem hiburan.

Tips Mengatasi Aki Mobil Listrik Soak

Hubungi layanan bantuan: Cara teraman dan termudah untuk mengatasi aki mobil listrik soak adalah dengan menghubungi layanan bantuan resmi dari pabrikan mobil listrik Anda. Layanan bantuan ini biasanya dilengkapi dengan peralatan dan teknisi yang terlatih untuk menangani aki mobil listrik.
Gunakan power bank khusus: Jika Anda memiliki power bank khusus untuk mobil listrik, Anda dapat menggunakannya untuk mengisi daya aki bantu. Pastikan power bank Anda memiliki daya yang cukup untuk mengisi daya aki bantu hingga mobil dapat dihidupkan.
Jaga kondisi aki: Untuk mencegah aki mobil listrik soak, Anda perlu menjaga kondisinya dengan baik. Hindari penggunaan mobil listrik yang berlebihan, terutama pada cuaca ekstrim. Periksa kondisi aki secara berkala dan lakukan penggantian jika sudah tidak optimal.

Kesimpulan

Aki mobil listrik soak dapat menjadi masalah yang merepotkan. Namun, dengan memahami cara kerja aki mobil listrik dan tips-tips di atas, Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah dan aman.