Analisis Kenaikan Lalin Keluar Jabotabek 10% Saat Libur Waisak: Rute Favorit dan Prediksi Puncak Kemacetan!

Info Bola Terupdate – Libur Panjang Waisak tahun ini dimanfaatkan banyak masyarakat untuk berlibur keluar daerah. Hal ini terlihat dari lonjakan volume kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek. Jasa Marga memprediksi kenaikan lalu lintas mencapai 10 persen dibandingkan hari normal.



 Liputan seputar berita

Analisis Kenaikan Lalin

Peningkatan 10%: Data Jasa Marga menunjukkan peningkatan 10% volume kendaraan yang keluar Jabodetabek pada periode libur Waisak. Angka ini setara dengan 90.000 kendaraan.
Tujuan Utama: Berdasarkan data, Bandung dan Trans Jawa menjadi tujuan utama pemudik Waisak tahun ini. Diperkirakan 47% kendaraan akan menuju Bandung dan 31% menuju Trans Jawa.
Arah Lainnya: Selain Bandung dan Trans Jawa, Merak juga menjadi tujuan favorit dengan perkiraan 22% kendaraan.
Perbandingan: Dibandingkan dengan libur Idul Fitri 2024, kenaikan lalin Waisak tergolong moderat. Hal ini kemungkinan karena durasi libur Waisak yang lebih singkat.

Rute Favorit

Tol Cipularang: Jalur ini menjadi favorit pemudik yang menuju Bandung dan Jawa Barat.
Tol Jakarta-Cikampek: Jalur ini dilalui pemudik yang menuju Trans Jawa, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Tol Tangerang-Merak: Jalur ini dilalui pemudik yang ingin berlibur ke Pulau Sumatera.

Prediksi Puncak Kemacetan

H-1 Waisak: Diprediksi menjadi puncak arus mudik Waisak, dengan kepadatan kendaraan yang tinggi di berbagai ruas tol. Pagi dan Sore Hari: Waktu-waktu ini diprediksi menjadi jam sibuk di ruas tol, terutama di pintu keluar tol.

Tips Hindari Kemacetan

Berangkat lebih awal: Hindari jam sibuk di pagi dan sore hari.
Gunakan aplikasi navigasi: Gunakan aplikasi navigasi untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini dan mencari rute alternatif.
Istirahat yang cukup: Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum mengemudi.
Patuhi peraturan lalu lintas: Patuhi rambu-rambu dan marka jalan untuk kelancaran bersama.

Kesimpulan

Libur Panjang Waisak tahun ini diperkirakan akan memicu kenaikan volume kendaraan yang keluar dari Jabodetabek. Bandung, Trans Jawa, dan Merak menjadi tujuan utama pemudik. Puncak kemacetan diprediksi terjadi pada H-1 Waisak dan pagi-sore hari. Untuk menghindari kemacetan, disarankan untuk berangkat lebih awal, menggunakan aplikasi navigasi, istirahat yang cukup, dan mematuhi peraturan lalu lintas.